7 Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

By | April 24, 2019
Bahasa Korea Terima Kasih

Belajar Mengatakan Terima Kasih dalam Bahasa Korea Lengkap dengan Cara Membalasnya

Banyak sekali cara untuk mengucapkan kalimat “terima kasih” dengan berbicara bahasa korean. Namun, cara yang mana yang paling tepat dalam situasi dan kondisi anda?

Pada pembahasan ini saya akan memberitahu kepada kalian semua bagaimana cara mengucapkan rasa syukur / balas budi atas bantuan atau perotolongan yang diterima dalam bahasa korea lengkap dengan ucapan balasannya “sama-sama”.

Dalam bahasa inggris thanks dapat diucapkan dengan kalimat “thank you” atau “thank you very much” akan tetapi apakah anda sudah tahu dalam bahasa korea apa yang harus diucapkan? Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara gingseng ini memiliki warga yang sangat sopan apabila bertemu seseorang.

Mereka akan mengucapkan Salam dan menundukan kepalanya sebagai rasa hormat kepada orang tersebut. Seperti halnya pada ucapan syukur atau balas budi kali ini, ada banyak sekali frasa yang digunakan untuk mengekspresikan rasa terima kasih dalam situasi maupun kondisi yang lebih spesifik.

Lihat Juga : Belajar Mengatakan Iya dan Tidak dalam Bahasa Korea

Bagi anda yang sedang belajar bahasa borea maka mencari banyak kosakata akan semakin bagus supaya lebih banyak kata dan frasa yang anda ketahui. Nah untuk cara penyampaiannya maka anda dapat menggunakan kosakata dan kalimat berikut ini.

Bahasa Korea Terima Kasih Bersifat Informal

1.Gomawo 고마워

Gomawo adalah salah satu cara untuk mengatakan rasa terima kasih terhadap seseorang yang tergolong frasa informal dan biasanya digunakan pada teman, sahabat atau orang yang akrab saja . Untuk membuatnya lebih sopan maka dapat menambahkan ‘yo’ 요 pada akhir kalimat dan kamu bisa mengatakannya kepada seseorang yang belum dikenal atau tidak terlalu akrab.

Pada pelafalannya “komawo” karena biasanya huruf ‘g’ pada kalimat tersebut terdengar begitu pelan dan yang didengar seperti huruf ‘k’ yang kuat diucapkan.

2.Kamsahaeyo 감사 해요

Sama seperti kalimat diatas yang bagian dari frasa informal yaitu gamsahaeyo untuk menyampaikan rasa terima kasih terhadap seseorang yang sering dikatakan untuk teman atau orang yang tidak mudah tersinggung. Pada akhir kalimat yang ditambahkan ‘yo’ membuatnya terlihat sedikit lebih sopan untuk dikatakan.

Dalam huruf hangul aslinya adalah gamsahaeyo namun pelafalannya huruf ‘g’ yang terdengar pelan dan yang terdengar adalah huruf ‘k’ yang kuat sehingga diucapkan menjadi kamsa-haeyo.

Bahasa Korea Terima Kasih Bersifat Formal

1.Gomabseubnida 고맙습니다

Salah satu ucapan yang bersifat formal atau sopan untuk dikatakan kepada seseorang yaitu gomabseubnida, akan tetapi meskipun sifatnya yang formal tapi bukan merupakan kalimat yang benar-benar sopan. Dengan kata lain, kamu hanya dapat mengatakannya pada seseorang yang berkedudukan lebih tinggi, misalkan kepada anggota keluarga yang lebih tua.

Lihat Juga : Belajar Mengatakan Enak dan Tidak Enak dalam Bahasa Korea

Tetapi, frasa dari kalimat ini juga dapat kamu gunakan pada seseorang yang tidak dikenal dengan catatan orang tersebut usianya lebih tua dari kamu.

2.Kamsahabnida 감사합니다

Ucapan terima kasih dalam bahasa korea yang selanjutnya adalah gamsahamnida yang merupakan kalimat formal dan sopan untuk dikatakan. Kamu dapat menggunakan frasa ini untuk menyatakan rasa terima kasih yang tulus dan biasanya digunakan pada orang-orang yang terhormat saja misalkan, anggota keluarga yang lebih tua dan lain sebagainya.

Dalam huruf aslinya adalah gamsahamnida tetapi bunyi dari huruf ‘g’ yang pelan maka dalam pelafalannya terdengar huruf ‘k’ yang kuat sehingga menjadi kamsahamnida.

Cara Membalas Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Setelah kamu sudah belajar mengetahui beberapa kosakata diatas, maka selanjutnya adalah kita akan belajar untuk membalas dari ucapan tersebut. Berikut dibawah ini adalah ucapan bahasa korea sama-sama atau terima kasih kembali yang bisa kamu pelajari.

1.Gwaenchanh-a 괜찮아

Merupakan salah satu kalimat untuk mengatakan “tidak apa-apa” atau balasan terima kasih. Biasanya penggunaan kata tersebut hanya digunakan pada teman atau orang yang tidak mudah tersinggung saja.

Untuk membuat frasa tersebut lebih sopan, maka kamu dapat menambahkan ‘yo’ 요 pada akhir kalimat sehingga kamu juga bisa menggunakan kalimat tersebut pada orang yang tidak dikenal. Dalam pelafalannya, huruf aslinya adalah gwenchana tetapi bunyi dari huruf ‘g’ yang pelan sehingga terdengar huruf ‘k’ yang kuat dan menjadi kwenchana.

2. Anieyo 아니에요

Katakan anieyo yang artinya adalah “terima kasih kembali” merupakan kosakata untuk membalas ucapan thanks you. Jika diterjemahkan secara harfiah maka kata tersebut artinya adalah “tidak” dan ini merupakan cara alternatif untuk kamu.

3. Aniyo, Gwaenchanh-ayo 아니요, 괜찮아요

Kalimat yang terakhir untuk menolak suatu tawaran dari seseorang yang dapat diartikan sebagai “tidak, terima kasih”. Tetapi secara harfiah, jika diterjemahkan maka artinya “tidak apa-apa” namun, kamu dapat menggunakannya untuk menolak suatu tawaran dari seseorang secara sopan.

Lihat Juga : Belajar Mengatakan Sama-Sama dalam Bahasa Korea

Kata terima kasih adalah ucapan yang sangat sering kita ucapkan sehari-hari kita, arti dari ucapan tersebut adalah bisa menjadi rasa “syukur” atau rasa “balas budi” setelah menerima kebaikan. Misalkan saya anda telah di bantu oleh seseorang dan untuk membalasnya maka kita bisa mengucapkan “terima kasih” atas bantuan yang diterima.

Demikian artikel yang dapat saya bagikan untuk kalian semuan mengenai beberapa kalimat atau ucapan terima kasih dalam bahasa korea dan cara membalas ucapan tersebut. Semoga dapat membantu dan memberikan banyak manfaat bagi anda semuanya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *