Materi Belajar Hangul Korea untuk Pemula

By | Juli 26, 2019

Pernahkah kalian kesulitan belajar Hangul Korea? Jika iya, bisa jadi materia yang kalian terima tidak sesuai dengan kemampuan kalian. Mungkin materinya terlalu sulit. Mungkin juga penyampaian yang diberikan tidak informatif, sehingga apa yang harusnya kalian terima tidak kalian dapatkan.

Pada dasarnya materi belajar bahasa Korea hampir sama satu dengan yang lainnya. Yang membedakan hanya porsi dan pemetaannya saja.

Kami memiliki materi belajar bahasa Korea yang bisa dicoba. Materi ini bisa dibilang sederhana, mudah dicerna dan berdasar pada kebutuhan pemula.

Ya, materi ini memang diperuntukkan untuk para pemula. Materi dasar bahasa Korea ini dirancang bagi mereka yang baru mengenal abjad dan bahasa Korea. Semua materi ini disusun sederhana sederhana, informatif namun tetap mengacu pada penekanan fungsi materi.

Materi ini tersusun atas 3 sub materi. Ketiganya adalah pengenalan huruf vokal dasar, konsonan dasar, dan kondonan ganda.

Materi Belajar Hangul Korea untuk Pemula

Di bawah ini telah kami susun materi belajar bahasa Korea untuk para pemula. Bagi kalian yang ingin belajar dan mendalami materi pengenalan ini, silakan menyimak.

Pengenalan Huruf Vokal Sederhana – Materi Belajar Hanggung Korea yang Harus Kalian Pelajari di Awal

Materi Belajar Hangul Korea
Materi Belajar Hangul Korea Hurul Vokal

Dalam Hangul Korea ada yang namanya huruf vokal sederhana. Sama dengan A, E, I, O dan U, huruf-huruf vokal ini juga memegang peran penting sebagai penambah arti dan makna dari kata.

Namun berbeda dengan A, E, I, O dan U. Huruf vokal dalam bahasa Korea justru lebih kompleks. Jumlahnya lebih banyak dan penyebutannya lebih beragam. Beberapa bahkan ada yang mirip dan mendekati identik. Jika saja tidak jeli dalam mendengar, bisa jadi kita akan salah mengartikan kata dengan huruf vokal tersebut.

Sepuluh huruf vokal dalam Hangul ini bisa kita kenali dari tabel pada gambar di atas. Saran dari kami, biasakan untuk melafalkan satu demi satu huruf vokal di atas. Lebih baik lagi bila kita pelafalan tersebut disertai dengan mendengar penyebutan yang sebenarnya. Itu akan sangat membantu, khususnya dalam menyempurnakan bunyi yang sesungguhnya.

Ada saran tambahan, nih. Kalau kita tidak bisa menemukan penyebutan yang tepat dan benar, kita bisa memanfaatkan film atau drama Korea untuk membantu melafalkan.

Iya. Cara ini memang terkesan mengada-ada dan kurang akademis. Namun biar begitu, cara ini cukup efektif, mengingat drama Korea sendiri menggunakan bahasa yang sama dengan apa yang sedang kita pelajari sekarang.

Namun perlu diingat juga. Tujuan kita menonton drama Korea adalah untuk membantu kita menyempurnakan pelafalan. Jadi pastikan tujuan itu benar dan pastikan tetap ada hingga kalian selesai belajar. Jangan sekali-kali hilang fokus karena adegan yang menggigit atau kepalang romantis.

Pengenalan Huruf Konsonan Sederhana – Materi Belajar Hangul Korea untuk Tahap 2

materi belajar hangul korea huruf konsonan
materi belajar hangul korea huruf konsonan

Sama halnya dengan huruf latin, Hangul juga memiliki huruf konsonan. Huruf-huruf ini digunakan untuk melafalkan bunyi agar memiliki arti. Jumlah seluruh konsonan sederhana Hangul ada 14. Bentuk dan model tulisan Hangul beragam. Sebagian dari ke-14 huruf ini bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Bila dibandingkan dengan huruf latin, huruf konsonan sederhana dari Hangul cenderung lebih kompleks. Bunyi satu huruf bisa beraneka ragam, tergantung pada penempatan huruf tersebut.

Sebagai contoh. Huruf dengan nama Chieut. Pada bunyi awal Chieut memiliki bunyi Ch, di tengah berbunyi J dan di akhir berbunyi T.

Iya. Memang tidak semua huruf memiliki bunyi yang berbeda pada penempatan yang berbeda pula. Namun biar begitu, semuanya memiliki makna dan tujuan yang tentu baik.

Saran kami. Jika kalian ingin belajar huruf dasar konsonan Hangul, lebih diutamakan kalian menggunakan pelafal yang bisa membantu menyempurnakan lafal.

Bukan apa-apa. Hangul sendiri tergolong bahasa dengan pelafalan yang sedikit rumit. Terlebih untuk lidah Indonesia.

Alat bantu pelafal ini tidak harus khusus. Kita bisa menggunakan metode seadanya untuk membantu melafalkan tiap huruf. Bantuan Google misalnya. Kita bisa menggunakan fitur Google Voice untuk bantu melafalkan bunyi Hangul.

Cara ini akan sangat membantu kita. Terlebih bagi para pemula yang masih asing dan belum tahu benar pelafalan Hangul.

Selain menggunakan Google Voice, kita juga harus melatih lidah agar terbiasa melafalkan masing-masing huruf Hangul. Dengan latihan rutin, dengan sendirinya kita akan terbiasa melafalkan bunyi dari huruf-huruf Hangul.

Materi Vokal Rangkap – Materi Belajar Hanggul Korea untuk Kelas Lanjutan

materi belajar hangul korea vokal rangkap
materi belajar hangul korea vokal rangkap

Jika kita telah terbiasa dengan huruf vokal sederhana, kita bisa beralih ke materi berikutnya: huruf vokal ganda.

Ini adalah bagian yang lumayan sulit, terlebih untuk kita yang belum menguasai materi sebelumnya. Mempelajari materi ini butuh waktu dan pembiasaan. Namun biar begitu, latihan dan pelafalan akan mempercepat proses pembiasaan tersebut.

Materi Konsonan Rangkap – Materi Belajar Hangul Korea Tahap Lanjut

materi belajar hangul korea konsonan rangkap
materi belajar hangul korea konsonan rangkap

Setelah melewati materi vokal rangkap, kita akan beralih ke pengenalan konsonan rangkap. Pada pengenalan ini kita akan dihadapkan dengan lima konsonan rangkap yang dikenal di Hangul.

Penggunaan konsonan rangkap ini tergantung pada pemilihan kata. Tidak semua kata menggunakan konsonan ini. Penggunaannya akan memberikan makna yang berbeda. Kendati kecil, kesalahan dalam penggunaan konsonan ini akan berdampak pada pembelokan makna.

Itulah tadi materi belajar Hangul Korea. Materi-materi ini dipersiapkan untuk para pemula. Setelah belajar materi ini, kalian bisa lanjutkan pembelajaran dengan pada materi menulis Hangul Korea.

Latihan pelafalan dan penulisan akan memberi dampak baik pada pengenalan huruf. Penggunaan instrumen pendukung seperti pelafal dan sejenisnya akan memberi pengaruh baik pada peningkatan pemahaman. Tapi di atas itu semua, latihan dan pelafalan yang konsisten adalah kunci utama untuk memahami dan mengingat rangkaian huruf dalam Hangul Korea di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *