Tips Belajar Huruf Korea Bagi Pemula

By | Juli 26, 2019
belajar mengenal huruf korea.jpg
belajar mengenal huruf korea

Bagaimana tips belajar Huruf Korea? membelajari bahasa Korea atau Hangul adalah sesuatu yang tidak begitu sulit. Namun biar begitu, Hangul juga bukan bahasa yang mudah dipelajari. Bahasa ini menggunakan tulisan khas yang berbeda dengan bahasa kita: Indonesia.

Tidak hanya bentuk tulisan yang berbeda, urusan, nama, pelafalan dan bentuk hurufnya yang berbeda. Sangat jauh berbeda bila dibandingkan huruf latin.

Lalu pertanyaannya: apakah akan sulit mempelajari bahasa Hangul? Apakah belajar membaca Hangul harus dilakukan dalam waktu yang lama? Jawabannya: relatif. Tergantung kalian ingin menyelesaikan seberapa cepat materi-materi yang diajarkan Hangul.

Loh kok begitu? Memang mempelajari bahasa ini semuanya tergantung dengan kita?

Tentu. Belajar seperti ini tergantung pada kalian. Kalian yang menentukan: mau menyelesaikan materi dan menguasainya dengan cepat atau tidak. Sedangkan soal metode dan materi pembelajarannya, semuanya sudah tersedia di internet: semuanya sudah tersedia di beragam portal Google, dari mulai Blog hingga Youtube.

Pertanyaannya: bagaimana cara mempelajari huruf ini dengan cepat? Bagaimana metode belajar yang efektif untuk pemula?

Tips Belajar Huruf Korea dengan Cepat untuk Pemula

Nah, untuk kalian yang para pemula, ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan agar proses belajar berlangsung lebih efektif dan cepat. Soal tingkat penerapannya, kalian tak usah khawatir. Tips ini mudah diterapkan. Semuanya bisa menerapkan tips ini tanpa terkecuali.

Bagaimana, penasaran dengan tips yang dimaksud? Kalau iya, yuk langsung simak tipsnya berikut ini.

Mulailah Belajar Huruf Dasar Korea Terlebih Dulu. Cari Materi yang Ringan

belajar mengenal huruf korea.jpg
belajar mengenal huruf korea

Jika kalian ingin bisa menguasai bahasa huruf-huruf Hangul, ada baiknya kalian pelajari dari tingkat yang paling mudah: huruf-huruf dasar. Huruf ini terbagi ke dalam dua jenis. Keduanya adalah;

  • Huruf Konsonan
  • Huruf Vokal

Ya. Bahasa Korea atau Hangul juga punya konsonan dan vokal. Peran dan fungsinya sama dengan huruf latin.

Jika kalian ingin mahir dalam bahasa Korea, mulailah pembelajaran kalian dari sini, dari materi yang paling dasar ini. Mulailah dengan mengenal, membedakan, memahami, melafalkan, kemudian merangkai.

Metode ini sangat mudah untuk dilakukan. Runtutannya juga sangat jelas, terstruktur. Dengan metode ini, kalian akan dengan mudah mengenal dan menggunakan masing-masing huruf Hangul sebagaimana mestinya.

Belajar Jenis Huruf Korea Tidak Hanya Bisa Dilakukan Lewat Tulis dan Visual, Tapi Juga Audio

belajar huruf hangul korea.jpg
belajar huruf hangul korea

Jika kalian mempelajari tentang kedua metode belajar ini, metode visuallah yang diyakini paling efektif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun dalam kasus ini kalian juga harus mengkombinasikan metode belajar visual dengan audio.

Loh, kok gitu? Ya memang harus begitu. Dengan kombinasi ini proses belajar kalian akan berjalan lebih efektif. Dan kalian pun akan dengan mudah menyerap materi pembelajaran.

Aplikasi metode belajar huruf Korea ini juga mudah. Kalian hanya perlu menonton video yang menerangkan tentang huruf Hangul.

Simak video itu baik-baik. Sembari menyimak dan mendengarkan, kalian juga boleh menyiapkan kertas dan pulpen. Fungsinya agar sembari mendengarkan, kalian juga bisa sekalian belajar untuk menulis.

Iya, belajar menulis huruf Hangul memang tidak semudah yang kita kira. Hanya saja, dalam proses ini, menulis akan meningkatkan memori untuk mengingat bentuk huruf. Dengan cara ini kita akan mudah mengenali dan membedakan huruf-huruf Hangul.

Gunakan Kamus atau Poster untuk Mempermudah Proses Belajar Mengenal Huruf Korea

belajar mengenal dan membaca huruf korea.jpg
belajar mengenal dan membaca huruf korea

Jika mengandalkan dari materi yang kita pegang, atau bahkan dari video Youtube, kita akan kesulitan untuk mengembangkan proses belajar. Maka dari itu, penting kiranya agar memiliki catatan atau teks tertulis yang berisi huruf-huruf Korea.

Fungsi dari teks tulis ini sederhana. Kita bisa menggunakannya sebagai pegangan. Dan bila sewaktu-waktu kita lupa, catatan atau naskah tertulis ini bisa kita gunakan sebagai pengingat.

Pertanyaannya: kenapa kita harus memiliki naskah, poster, atau teks berisi huruf Hangul? Bukankah kita sudah punya materinya?

Penting atau tidaknya perangkat ini tergantung pada diri masing-masing. Tapi bagi kami, perangkat ini mempunyai kepentingan yang setara dengan materi yang sedang kalian pelajari.

Jika materi adalah sebuah rumah, maka perangkat ini adalah furnitur dan perabatan yang ada di dalamnya. Kita mungkin bisa tinggal dalam rumah tanpa perabotan. Sayangnya, hal itu tidak akan memberi kita kenikmatan. Kita butuh sesuatu yang membuat kita nyaman tinggal di rumah. Dan perabotan adalah sesuatu yang dimaksud.

Sama halnya dengan perangkat ini. Kalian mungkin punya materi belajar huruf Korea. Tapi dengan perangkat ini, materi belajar kalian akan lebih terlengkapi, dan proses belajar pun akan lebih efektif dan efisien.

Belajarlah dengan Tekun. Belajar Mengenal Huruf Korea Butuh Waktu

belajar mengenal dan membaca huruf korea.jpg
belajar mengenal dan membaca huruf korea

Mengenal huruf Hangul butuh waktu. Kalian tidak mungkin langsung kenal dan paham masing-masing huruf asal negeri gingseng ini. Sebagaimana memahami huruf bahasa lokal seperti akasara Jawa atau Sunda, mengenal huruf asing juga butuh waktu dan pembiasaan.

Maka dari itu, tekunlah belajar dan membiasakan diri dengan huruf-huruf ini. Jika memungkinkan, atur jadwal serutin mungkin, seteratur mungkin.

Tahu kenapa? Ya. Sebab bila kita belajar dengan rutin dan teratur, kemungkinan untuk cepat mengenal huruf Hangul akan lebih besar. Pun dengan kemungkinan untuk menggunakan dan mengaplikasikannya.

Maka dari itu, jika kalian ingin menguasai huruf-huruf ini, lakukanlah proses belajar dengan baik. Lakukan dengan lebih teratur. Itu akan membuat materi pembelajaran lebih mudah terserap.

Itulah tadi beberapa tips belajar huruf Korea dari kami. Tips-tips di atas bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kualitas belajar. Harapannya, setelah mengunakan tips-tips ini, kalian bisa dengan mudah menyerap materi belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *